GALERI ENAM

WOMAN ON BICYCLE: DEA

 

Photosession Woman on Bicycle kali ini mengambil lokasi di pabrik gula Gondang Baru Jogonalan Klaten. Pabrik gula yang terletak di pinggir jalan raya Prambanan-Klaten ini adalah salahsatu heritage berharga dari peninggalan jaman kolonial belanda yang masih berfungsi baik sebagai pabrik gula, dan juga merupakan satu-satunya pabrik gula di Indonesia yang masih menggunakan mesin tenaga uap. Pabrik gula Gondang Baru yang aslinya dulu bernama “Gondang Winangoen” ini didirikan pada tahun 1860 oleh Pemerintah Hindia Belanda. Nama baru yakni “Gondang Baru” baru diberikan oleh Pemerintah RI pada tahun 1960-an. 

 


Sebagai model tamu kali ini adalah Dea mahasiswa UST Yogyakarta. Dea yang sebetulnya tidak banyak berkecimpung di dunia model ini, dalam kesehariannya juga jarang berinteraksi dengan sepeda. Namun demikian, pada kesempatan pemotretan ini, dia tampak cepat akrab dengan sepeda Fongers DZ60 tahun 1922 yang digunakan sebagai properti pemotretan.  Berbalut baju kebaya krem dan kain batik santai, penampilan Dea tampak sangat serasi dengan sepeda maupun setting lokasi. Dan keberuntungan yang diperoleh adalah hari itu hari yang cerah, matahari bersinar terik, sehingga mempermudah proses pemotretan.  Gear yang digunakan masih tetap berbasis formasi standar yakni Nikon D80, lensa lebar Nikkor zoom 18-135 mm/ f 3.5-5.6 dan lensa Nikkor tele zoom 80-200 mm/f 2.8. 

 

 

Luarbiasa…ternyata pabrik gula yang sekilas dari jalan raya tampak biasa-biasa saja ternyata memiliki banyak sudut menarik untuk dijadikan sebagai setting pemotretan. Mulai dari rumah direktur pabrik gula jaman dulu yang memiliki arsitektur khas hindia belanda, lokasi penyimpanan lori-lori tebu, dan garasi lokomotif. Setelah berjalan dan menikmati suasana, serasa menjalani mesin waktu kembali ke jaman colonial dulu. Sungguh indah benar negeri ini…

 

 


Copy Right (c) 2007 Sahid Nugroho