KLANGENAN SERI 7 - Sahid (1/1/2010)


LAMPU KARBIT LUCAS SERI CALCIA

LUCAS adalah sebuah legenda tersendiri dalam dunia lampu moda transportasi. Betapa tidak lampu buatan pabrikan di Birmingham Inggris ini mendominasi pasar onderdil lampu untuk mobil, sepeda motor dan sepeda di seluruh dunia sebelum era produk Jepang beredar. 
Lampu Lucas memang bukan sekedar lampu biasa, karena selalu memiliki desain yang tergolong “state of the art” dan “just noticeable different”, juga bukan sekedar “me too product”. Sehingga tidak mengherankan bilamana sampai hari ini lampu merek Lucas selalu menjadi pilihan utama yang diburu para kolektor. Bahkan Lucas berani menetapkan positioning tagline yang cukup high profile yakni “Kking of the Road”, meskipun terkesan arogan, namun itulah realita yang terjadi pada merek lampu legendaris ini.

 



Berikut ini adalah 4 lampu karbit Lucas seri Calcia yang diluncurkan pada tahun 1931 sebagai aksesori resmi sepeda Gazelle sebagaimana terlihat pada kopi poster iklan-nya. Lampu seri Calcia ini terdiri dari King, Mayor, Club dan Cadet. Keempat tipe tersebut sangat popular digunakan oleh para pengendara sepeda pada masa lampau. Desain Lucas Calcia King dan Lucas Calcia Mayor tampak lebih besar ukurannya dan juga lebih rumit namun tetap artistic dibanding Lucas Calcia Club dan Lucas Calcia Cadet yang tampil lebih sederhana namun tetap menawan. Desain tipe Club dan Cadet sesungguhnya relative sama, namun tipe Club berukuran lebih besar.



Selain lampu karbit, Lucas juga memiliki varian produk lampu lilin, minyak, dynamo dan baterei. Semuanya selalu tampil dengan desain yang artistokrat dan elegan khas nuansa dari British Empire. Di Indonesia, hampir semua tipe lampu Lucas bisa ditemui dengan mudah terkait dengan jumlah populasi pengguna sepeda yang cukup besar pada masa lalu. Keempat lampu karbit yang ditampilkan dalam photostation ini adalah sisa-sisa yang bisa diselamatkan dari proses perubahan jaman yang terus bergerak. Selamat mencermati, semoga bermanfaat…

 


Copy Right (c) 2007 Sahid Nugroho