KLANGENAN SERI 5 - Sahid (24/6/09)


GAZELLE TRANSPORTFIETS

Sepeda Transport atau transportfiets adalah sepeda yang khusus digunakan untuk keperluan logistik mengangkut  barang. Nama lain dari sepeda ini adalah bakkerfiets atau faberikfiets yang juga popular karena sepeda ini banyak digunakan untuk kepentingan usaha. Sepeda transport saat ini sudah tidak diproduksi lagi oleh merek-merek sepeda besar seperti Gazelle, Batavus, Simplex dan lainnya.

Sepeda transport Gazelle yang ditampilkan kali ini adalah  sepeda dengan nomer rangka 2264914 yakni diproduksi tahun 1967. Sepeda ini memiliki ban ukuran 26 inchi dengan lebar velg yang luar biasa lebar untuk umumnya sebuah sepeda yakni 6 cm! Velg ini sangat lebar, karena sepeda pos Falter Jerman-pun hanya memiliki velg selebar 4 cm.

Kemudian untuk kontruksi gir. Gir depan dan belakang memiliki ukuran lebar mata cukup besar, sehingga cuma bisa dipasang rantai ukuran1/2, 3/16 ke atas. Coba bandingkan dengan rantai ukuran normal yang hanya seukuran 1/2,1/8.

Selanjutnya, sistem as depan ukurannya juga cukup besar dengan diameter sekitar 4 cm. Desain ini barangkali digunakan untuk menahan beban yang berat yakni bisa sekitar 100 Kg lebih. Kekuatan roda depan juga ditopang oleh sistem ruji roda dengan lubang 40 dan ruji ukuran 12.

Dan sebagai pasangan, as belakang digunakan as sistem rem torpedo merek Sachs Jerman dengan lubang 36 dan ruji ukuran 12. Pasangan as ini menurut Yudi Kasim, salahsatu pakar sepeda di Jogja, cukup aneh. Karena tradisi dalam dunia sepeda ban 28 inchi biasanya total lubang adalah 72 (kombinasi 32/40 atau 36/36), sedangkan sepeda ini total lubang 76 yakni kombinasi 40/36.

.

Sadel sepeda adalah menggunakan sadel Lepper khusus sepeda transport. Sadel khas sepeda transport ditandai dari klem 2 baut yang dipasang pada pipa sadel model L. Rata-rata sepeda transport Belanda banyak mengadopsi sistem ini, karena klem 2 baut akan memberikan kestabilan posisi sadel yang akan banyak tertekan oleh pantat pesepeda yang sedang mengangkut beban berat. Thanks to Lepper, per besar 2 buah kiri kanan di sadel ini terbukti memberikan suspensi kenyamanan maksimal bagi pesepeda.

Sistem as tengah model bearing yang memberikan tingkat kayuhan yang ringan khas Gazelle. Kinerja ini luar biasa bila memperhatikan kontruksi sepeda yang serba besar dan serba logam seperti naik panser he..he..he..

Terakhir, kita sampai pada desain setang dan bagasi depan. Setang sepeda transport selalu didesain lebar sebagai upaya menjaga keseimbangan sepeda, karena titik berat ada di roda depan. Setang lebar akan memberikan kemudahaan bagi pesepeda untuk mengendalikan kemudi secara sempurna. Lalu, desain bagasi depan adalah desain bagasi generasi kedua. bagasi depan generasi pertama berwujud lebih sederhana dengan model kotak sederhana.

 

 


Copy Right (c) 2007 Sahid Nugroho