KLANGENAN SERI 14 - Sahid (27/5/10)


SADEL FONGERS

Sadel Fongers selama ini lebih banyak dikenal maupun dijumpai dengan basis model Hygia sebagai terlihat pada gambar 1. Desain sadel unik yang disebut sebagai gezondheidszadel atau hygienisch zadel ini, memiliki lekukan atau parit di sepanjang garis tengah sadel, sehingga karakteristik higenis muncul karena sadel tidak menempel langsung pada bagian bawah pantat si penunggang. Identitas merek Fongers juga diposisikan di sepanjang parit tersebut. Meskipun unik dan higenis, sadel tipe ini sesungguhnya secara ergonomi kurang nyaman ditunggangi. Bidang sadel yang relatif sempit membuat pantat penunggang tidak bisa menduduki sadel ini dengan sempurna. Bahan sadel yakni kulit keras yang dibentuk juga memiliki karakter keras, sehingga semakin menambah cerita ketidaknyamanan sadel tipe ini. Sadel tipe ini banyak dijumpai pada sepeda Fongers tahun-tahun 1920-an.

Tipe sadel Fongers kedua yang berhasil dijumpai adalah tipe heren dengan desain standar sebagaimana terlihat pada gambar 2 dan 3. Desain standar yang dimaksud adalah model gelung depan, 2 per besar di belakang dan 2 baut pengunci konstruksi besi sadel di tengah. Identitas merek Fongers diposisikan di samping kiri dan kanan sadel, kemudian tidak ada plat merek pada bagian belakang. Karena berbasis desain standar, secara ergonomi sadel ini cukup nyaman untuk ditunggangi. Lubang sirkulasi udara sadel terlihat juga menggunakan desain yang senada dengan sadel-sadel pada jamannya yakni 2 lubang dengan bentuk wajik kecil dan wakil panjang. Sadel tipe ini sering dijumpai pada sepeda Fongers era 1930-an.

Gambar 1
Gambar 2

Menurut arsip katalog produk Fongers sebagaimana terlihat pada Gambar 4, pada tahun 1930-an Fongers meluncurkan sepeda tipe Confidence Dienstrijwiel yakni semacam sepeda transport ringan dengan basis kontruksi rem torpedo. Untuk varian ini, Fongers melengkapinya dengan sadel tipe transport yakni dengan kontruksi besi pipih dan 2 per gelung ganda di belakang sebagaimana terlihat pada Gambar 5. Identitas Fongers Confidence tidak menggunakan desain logo Fongers seperti biasanya, namun bergambar logo jangkar dan rantai seperti terlihat pada Gambar 6. Apakah logo tersebut dikarenakan sepeda ini didesain untuk digunakan pada kegiatan logistik di area-area pelabuhan atau sekedar sebagai apresiasi terhadap aspek heritage Belanda sebagai bangsa pelaut yang tangguh? Belum ada bukti referensi yang valid untuk memperkuat dugaan tersebut.

Gambar 3
Gambar 4

Desain sadel Fongers Confidence yang kokoh dan sangat macho ini, mengingatkan kita pada desain sadel heavy duty seri Primus produksi pabrikan Lepper Belanda. Desain standar yang biasanya dipergunakan untuk sepeda-sepeda transport di Belanda ini, memang memberikan kenyamanan luarbiasa pada si penunggang. Per gelung di belakang akan memberikan daya ayunan sempurna sehingga membuat stamina duduk si pengendara yang lebih baik.

Gambar 5
Gambar 6

Penulis pada suatu kesempatan juga menjumpai varian sadel Fongers yang berbeda yakni menggunakan basis desain sadel Terry produksi pabrikan Inggris sebagaimana terlihat pada Gambar 7 dan 8. Ada dugaan bahwa sadel tipe ini digunakan pada sepeda Fongers tahun 1940-an akhir atau 1950-an awal. Desain sadel Terry dirancang sedemikian rupa untuk memberikan tunggangan yang maksimal nyaman dengan menerapkan material sabut kelapa pada bagian dalam dan juga diperkuat dengan 12 per rangka struktur disamping 2 per besar di bagian belakang. Bandingkan dengan desain sadel Belanda yang biasanya hanya menggunakan besi 2 melintang sebagai struktur rangka utama sadel. Meskipun sadel ini terlhat sangat konservatif dari sisi desain, namun dari aspek ergonomi sadel ini termasuk sadel sepeda ternyaman yang pernah ada.

Gambar 7
Gambar 8

 


Copy Right (c) 2010 Sahid Nugroho