24. TEST RIDE PHOENIX MUTAPED

Phoenicx Mutaped adalah satu dari sekian sepeda favorit yang sampai kini masih menjadi buruan pecinta sepeda di Belanda. Nama Mutaped sesungguhnya berasal dari adalah nama mesin pemindah persneling hasil rekayasa teknologi Swiss yang didesain menyatu dengan trapas (Gambar 2). Nama mesin trapas kecepatan selengkapnya adalah Mutaped Phoebus dan mulai diadopsi oleh Pabrikan Phoenix sejak tahun 1930-an. bentuk trapas yang seperti angka delapan menunjukkan posisi lingkaran depan untuk trapas sepeda dan posisi lingkaran belakang untuk gir kecepatan...(more).

23. TEST RIDE: BSA AIRBORNE

Pada awalnya tidak banyak orang yang mengenal sepeda BSA Airborne. Sepeda ini kalah populer dengan sepeda Gazelle Seri 11 dan Simplex Cycloide yang benar-benar menjadi target buruan terbesar oleh kalangan pecinta sepeda tua di Indonesia. Perhatian orang terhadap sepeda ini mulai ada ketika melihat koleksi sepeda BSA Airborne milik Pak Yudi Kasim, pemilik toko Marcopolo, yang diikutsertakan pada Pameran Podjok di arena Jogja Fair tahun 2009 yang diadakan di JEC (Jogja Expo Center) Yogyakarta. Pada waktu itu orang berdecak kagum melihat sosok sepeda perang dengan desain cukup inovatif pada jamannya. Kemudian pada kesempatan berikutnya, sepeda bersangkutan kembali disertakan dalam pameran Indische Fietsen di Bentara Budaya Yogyakarta pada tahun 2010. Dan terbukti sepeda kembali menyita perhatian kayalak karena mampu dilipat sedemikian rupa ke bentuk yang paling ringkas ...(more).

22. SADEL AYUN (ZWEEFZADEL)

Saya pertamakali melihat sadel tipe ini pada saat Pameran Sepeda Onthel yang diselenggarakan Podjok di Taman Budaya Yogyakarta tahun 2007 silam. Bentuk sadel yang unik dan sangat "pria"ini memang menyebarkan "sihir" bagi siapapun yang melihatnya. Empat tahun kemudian barulah saya berkesempatan untuk memilikinya. Zweefzadel koleksi saya ini bermerek KLM buatan Belanda....(more)

21. TEST RIDE: UNION STRANO

Pertamakali melihat sepeda ini, saya cukup geli dengan desain frame yang terkesan mirip sepeda untuk pertunjukan sirkus ini. Sepeda yang cukup kontemporer ini, bisa disebut sebagai produk gagal. Dalam sejarahnya hanya diproduksi sebanyak 2000 unit. Kegagalan Union Strano barangkali dari keterbatasan penggunaan sepeda itu sendiri yang hanya cocok dipakai untuk jarak pendek atau lingkungan terbatas. Tercatat dalam sejarah industri sepeda, sepeda tipe ini hanya pernah diproduksi oleh pabrikan Belanda dan Itali..(more)..

20. ANEKA BEL SEPEDA

Berdasarkan mekanisme proses bunyi, aksesori bel sepeda onthel bisa dikenali dalam tujuh (7) tipe yakni: (1) bel tangan, (2) bel pukul, (3) bel tekan, (4) bel putar, (5) bel tuas putar, (6) bel tuas, dan (7) bel roda. Ketujuh tipe bel tersebut adalah hasil evolusi yang terjadi karena perkembangan teknologi. Mutu suara bel setidaknya dipengaruhi oleh dua hal yakni tipe logam yang digunakan untuk kubah bel dan mesin pemukul kubah bel. Dari artefak yang ada, paling tidak ada 4 logam yang pernah diadopsi untuk material kubah bel yakni perunggu, kuningan, besi dan alumunium. Perunggu dan kuningan diyakini sebagai bahan bel terbaik, karena mampu menghasil suara dengan tone yang indah. Posisi kedua adalah bahan besi, kemudian baru disusul bahan alumunium...(more)..

19. SETOPAN GAZELLE

Aksesori apapun dari sepeda Gazelle selalu menarik untuk dibahas. Kali ini saya akan mendiskusikan variasi setopan orisinil Gazelle yang bisa ditemukan dari artefak-artefak dari Indonesia maupun Belanda. Ada 2 tipe setopan orisinil Gazelle yang selama ini dikenal. Tipe pertama adalah setopan untuk spatbord belakang model polos, sedangkan tipe kedua adalah setopan untuk spatbord model buntut. Desain spatbord buntut adalah desain khas milik sepeda Gazelle yang sejauh ini tidak ditiru oleh pabrikan Belanda lainnya, maupun pabrikan Jerman dan Inggris..(more).

18. SPG: KOTAK Vs. LENGKUNG

Kemunculan sosok SPG selalu membuat setiap orang terpesona. Keindahan bodi SPG menjadikan sepeda ini menjadi target buruan terpopuler untuk merek Simplex. SPG yang dimaksud adalah Simplex Palang Gapit yang dikenal dengan nama resmi Simplex Cycloide Kruisframe. Di Indonesia, para pecinta sepeda onthel seringkali membedakan varian ini menjadi dua tipe yakni Simplex Cycloide Kruisframe (SCK) dan Simplex Neo Kruisframe (SNK) atas dasar perbedaan setang dan tromol. Dinamakan SNK dikarenakan SPG menggunakan setang dan tromol yang umum digunakan pada Simplex Neo. Sedangkan SCK lebih ditujukan pada SPG dengan tromol khas Cycloide dan setang khas Cycloide Luxe...(more).

17. KLAKSON CAMPANELCLAX

Campanelclax seperti terlihat pada Gambar 1 adalah merek klakson untuk sepeda buatan pabrik di Perancis yang masih belum terlacak namanya sampai saat ini. Saya lebih suka menjuluki aksesori ini sebagai klakson daripada bel, karena suaranya memang tidak layak disebut bel atau lonceng yang cenderung berdenting. Klakson campanelclax barangkali lebih tepat masuk kategori produk yang sama dengan klakson sepeda lainnya seperti misalnya produksi EA Labs USA. Klakson Campanelclax menggunakan tenaga mekanik dengan menggerakkan tuas dari kanan ke kiri, dan bilamana mekaniknya masih baik, dengan dorongan tenaga jari biasa saja, akan muncul suara khas-nya krik-krok...krik-krok...krik-kok. Suara tipe ini sangat mendekati suara klakson DKW atau Vespa namun dengan panjang suara yang lebih pendek karena menggunakan tenaga mekanik. Di Indonesia, bel ini sangat didewakan karena selain unik juga super langka. Suara yang unik semacam suara katak membuat klakson ini populer dengan nama bel kodok ...(more).

16. AKSESORI FONGERS YANG UNIK DAN LANGKA

Bagi orang yang memahami benar kultur sepeda di Belanda, barangkali akan seia sekata bilamana disimpulkan bahwa sepeda terbaik buatan Belanda bukanlah Gazelle atau Simplex, tetapi justru Fongers. Kondisi yang berkebalikan bilamana dibandingkan dengan Indonesia yang sangat mendewakan merek Gazelle, disusul Simplex dan baru kemudian Fongers. Sepeda merek Fongers bahkan memiliki sebutan lebih terhormat sebagaimana merek tertua lainnya Burgers yakni rijwiel bukan sekedar nama generik fiets. Dalam kesempatan seri klangenan kali ini, akan dibahas aksesori sepeda Fongers yang super langka baik di negeri asalnya maupun di Indonesia sebagai negara importir Fongers terbesar pada masa kolonial silam...(more).

15. TEST RIDE: RUDGE LIMITED EDITION 1930s

Rudge adalah sepeda Inggris yang cukup tersohor selain Sun Beam, Humber dan Raleigh. Logo tangan terbuka yang mirip dengan lambang perguruan silat tenaga dalam di Indonesia ini menjadi ciri yang kuat dari merek ini. Salahsatu varian sepeda Rudge yang cukup sensasional adalah Rudge Limited Edition. Sepeda ini didesain sedemikian rupa dengan konsep sepeda roadster. Desain rangka sebagaimana pola Inggrisan, dengan dilengkapi klem pompa permanen pada sisi kiri tiang sadel. Di Indonesia pernah dijumpai varian Rudge LE ini tetapi bertipe perempuan dan ternyata desain spatbordnya tidak seunik yang tipe lelaki...(more)

14. SADEL FONGERS

Sadel Fongers selama ini lebih banyak dikenal maupun dijumpai dengan basis model Hygia sebagai terlihat pada gambar 1. Desain sadel unik yang disebut sebagai gezondheidszadel atau hygienisch zadel ini, memiliki lekukan atau parit di sepanjang garis tengah sadel, sehingga karakteristik higenis muncul karena sadel tidak menempel langsung pada bagian bawah pantat si penunggang. Identitas merek Fongers juga diposisikan di sepanjang parit tersebut. Meskipun unik dan higenis, sadel tipe ini sesungguhnya secara ergonomi kurang nyaman ditunggangi... (more)

13. LAMPU, DINAMO & SETOPAN FONGERS

Sebagaimana sudah diramalkan pada tahun 2007 silam, mulai tahun 2009 silam terjadilah gelombang perburuan sepeda onthel gelombang ketiga yakni dengan sasaran utama sepeda merek Fongers buatan Belanda. Sepeda ini pada awal musim demam sepeda onthel, tidak begitu menjadi perhatian dunia onthelis, sehingga fenomena di Indonesia ini berkebalikan dengan kondisi di negeri asalnya Belanda yang mendudukkan sepeda Fongers sebagai the most collectible item sebelum merek Simplex dan Gazelle... (more).

12. ANEKA BEL KRING ORISINIL SIMPLEX

Sebagaimana terjadi pada merek sepeda Belanda yang populer lainnya, bel Simplex merupakan aksesori yang menarik untuk dikoleksi karena selain tergolong langka bel sepeda ini memiliki denting suara yang cukup keras. Sejauh proses observasi yang dilakukan, penulis menemukan 5 varian bel Simplex dari generasi awal tahun 1930s sampai dengan tahun 1960s. Bel Simplex generasi pertama yang berhasil ditemui adalah model kring dengan klem biasa 2 sekrup... (more).

11. TEST RIDE: SIMPLEX ZWEEFIETS

Simplex Zweefiets adalah sebuah fenomena tersendiri dalam sejarah industri sepeda di Belanda. Meskipun ini adalah produk gagal, namun dari sisi kreativitas desain patut diacungi 2 jempol. Sepeda yang diciptakan oleh W. Van Touren ini (Andyt, 2007), mengadopsi frame model plat bertumpuk yang kemudian secara alami ketika ditunggangi berjalan menciptakan ayunan pada posisi sadel...(more)

10. TEST RIDE: GAZELLE KWIK STEP 1964

Gazelle Kwik Step adalah sepeda lipat yang mulai diproduksi pada tahun 1964. Sepeda ini cukup unik, karena sepeda tidak dilipat secara vertikal berbasis desain frame lepas pada tube di bawah sadel. Kemudian sumbu putar terletak tepat dibawah as tengah, sehingga frame sepeda bisa berputar 180 derajat, sehingga mengurangi ruang parkir atau simpan...(more).

9. ANEKA BEL KRING ORISINIL GAZELLE

Berbicara mengenai sesuatu yang berhubungan dengan sepeda bermerek Gazelle pasti cukup menarik perhatian. Karena sepeda ini memang relatif sangat populer di Indonesia dibandingkan merek-merek sepeda lainnya. Kali ini akan didiskusikan profil dari tipe-tipe bel orisinil untuk sepeda Gazelle. Secara umum suara Bel Gazelle cukup nyaring, namun terdengar lembut dan bening. Berdasarkan temuan-temuan baik berupa artefak bel itu sendiri maupun referensi yang berhasil dikumpulkan, akhirnya sementara ini bisa disimpulkan terdapat 5 tipe desain pokok bel Gazelle. Pada bel Gazelle tipe 1, terlihat logo Gazelle dalam ruji dengan desain grafir menyatu pada lempengan logam tutup bel. Bel tipe pertama yang masih berbahan kuningan ini, diperkirakan diproduksi tahun 1930-an dan 1940-an...(more).

8. KLAKSON SEPEDA AMRIK

Inggris punya Bel Lucas yang anggun mempesona, Perancis melahirkan Bel Campanelclax (bel kodok) yang sangat populer di Indonesia, Jerman memproduksi bel laba-laba dan kaki tiga yang lumayan menarik. Bagaimana dengan Amerika Serikat (Amrik)? Negara yang memiliki platform desain sepeda yang jauh berbeda dengan sepeda Eropa, ternyata juga memiliki budaya berbeda dalam hal "sinyal peringatan" sepeda. Orang negeri Paman Sam lebih menyukai desain klakson dibanding bel sepeda pada umumnya. Ada berbagai merek dan desain klakson sepeda yang berkembang untuk pasaran sepeda Amrik...(more).

7. LAMPU KARBIT LUCAS SERI CALCIA

LUCAS adalah sebuah legenda tersendiri dalam dunia lampu moda transportasi. Betapa tidak lampu buatan pabrikan di Birmingham Inggris ini mendominasi pasar onderdil lampu untuk mobil, sepeda motor dan sepeda di seluruh dunia sebelum era produk Jepang beredar. Lampu Lucas memang bukan sekedar lampu biasa, karena selalu memiliki desain yang tergolong “state of the art” dan “just noticeable different”, juga bukan sekedar “me too product”. Sehingga tidak mengherankan bilamana sampai hari ini lampu merek Lucas selalu menjadi pilihan utama yang diburu para kolektor. Bahkan Lucas berani menetapkan positioning tagline yang cukup high profile yakni “Kking of the Road”, meskipun terkesan arogan, namun itulah realita yang terjadi pada merek lampu legendaris ini...(more).

6. TEST RIDE: FONGER DAMESFIETS DZ60 TAHUN 1922

Dalam rangka memberikan apresiasi pada sepeda Fongers, dalam kesempatan kali ini, saya ingin menampilkan sosok sepeda Fongers DZ 60 produksi tahun 1922. Seri DZ menurut situs www.oudefiets.nl pada era produksi tahun 1920-an adalah kategori sortir ke tiga, setelah seri BB/BD (kategori sortir A) dan seri CCG/BDG (kategori sortir B) ...(more).

5. TES RIDE: GAZELLE TRANSPORT

Sepeda Transport atau transportfiets adalah sepeda yang khusus digunakan untuk keperluan logistic mengangkut  barang. Nama lain dari sepeda ini adalah bakkerfiets atau faberikfiets yang juga popular karena sepeda ini banyak digunakan untuk kepentingan usaha. Sepeda transport saat ini sudah tidak diproduksi lagi oleh merek-merek sepeda besar seperti Gazelle, Batavus, Simplex dan lainnya...(more)..

4. JAM SEPEDA

Informasi waktu adalah penting bagi setiap orang dimanapun dia berada. Demikian pula bagi pengendara sepeda yang sedang melaju di jalanan. Untuk kebutuhan seperti inilah, aksesori jam sepeda dibuat. Namun, aksesori sepeda yang benar-benar langka ini sesungguhnya tidak terlalu umum. Jarang sekali jam sepeda digunakan oleh para pesepeda...(more)

3. KONTES SEPEDA ONTHEL DI NOSTALGIA ONTHEL SEMARANGAN 2-3 Agustus 2008

Berikut ini adalah liputan Pameran/Kontes Sepeda Onthel di Acara Nostgalgia Onthel Semarangan yang berlangsung di Semarang pada tanggal 2-3 Agustus 2008...(more).

2. PAMERAN SEPEDA ONTHEL TAMAN BUDAYA YOGYAKARTA - NOVEMBER 2007

Berikut ini adalah liputan Pameran Sepeda Onthel di Taman Budaya Yogyakarta pada bulan November 2007, kami waktu itu tidak sempat mencatat merek dan tahun produksi sepeda sehingga potret-potret tersebut tidak dilengkapi dengan spesifikasi teknis sepeda...(more).

1. PAMERAN SEPEDA ONTHEL GALERI SENI TEMBI KABUPATEN BANTUL DI YOGYAKARTA - AGUSTUS 2007

Berikut ini adalah liputan Pameran Sepeda Onthel di Galeri Seni Tembi Bantul DI Yogyakarta pada bulan Agustus 2007, kami waktu itu tidak sempat mencatat merek dan tahun produksi sepeda sehingga potret-potret tersebut tidak dilengkapi dengan spesifikasi teknis sepeda...(more).

 


Copy Right (c) 2007 Sahid Nugroho