CERITA 4


SEPEDA ONTHEL MASA KINI (Jumat, 28/12/07 - Sahid Nugroho)

Dari sekian merek sepeda onthel yang pernah beredar di Indonesia, barangkali hanya ada beberapa merek yang masih bertahan sampai sekarang misalnya Gazelle, Batavus, Simplex, Union, dan Raleigh. Namun, dari ketiga merek tersebut, hanya merek-merek Belanda yakni Gazelle dan Batavus yang masih memproduksi tipe sepeda onthel.

Di Belanda, sepeda masih menjadi alat transportasi yang dominan dalam kehidupan masyarakat. Kota-kota di Belanda yang luasnya tanggung, membuat orang lebih suka naik sepeda dibandingkan mobil atau motor. Sepeda onthel di Belanda memiliki julukan unik yakni opafiets (sepeda pria) dan omafiets (sepeda wanita) . Julukan ini barangkali lahir dari sejarah sepeda onthel yang cukup panjang, sehingga sepeda tipe ini cukup populer sejak seabad silam.

Bagaimana tampang sepeda onthel masa kini? Berikut ini adalah model terkini dari sepeda onthel Gazelle dan Batavus. Secara struktural, bentuk dan teknologinya tidak banyak berubah. Secara umum terdapat 2 varian yakni tipe kecepatan tunggal dan tipe 3 kecepatan. Gazelle memiliki 2 model yang dikenal sebagai model Gazelle Basic (jenis wanita) dan model Gazelle Toer Populair (jenis pria dan wanita) sebagaimana terlihat pada gambar di bawah ini.

Sedangkan Batavus hanya memiliki dua model yakni Batavus Favoriet dan Batavus Old Dutch, sebagaimana terlihat di bawah ini. Kedua merek di atas secara umum dapat dibedakan dari tinggi setang Batavus yang relatif lebih tinggi dibandingkan setang Gazelle.

 


Copy Right (c) 2007 Sahid Nugroho