CERITA 19


LAMPU SETOPAN GAZELLE SPATBORD POLOS (Jumat, 26/10/12 - Sahid Nugroho)

Lampu setopan sepeda Gazelle dengan tipe spatbord model buntut barangkali sudah banyak dipahami orang. Setidaknya terdapat 4 variasi bentuk setopan yang banyak dijumpai di pasar yakni: model kaca bulat dengan bodi alumunium, kaca bulat bertonjol di tengah dengan bodi alumunium, mika bulat bertonjol di tengah dengan bodi alumunium, dan mika bulat bertonjol di tengah dengan bodi plastik. Sepeda Gazelle dengan spatbord buntut diduga baru mulai diproduksi sejak tahun 1930-an. Produksi era sebelumnya hanyalah model spatbord polos.

Gambar 1

Saat ini masih banyak perdebatan mengenai tipe setopan orisinil untuk sepeda Gazelle dengan spatbord model polos. Kebingungan para penggemar sepeda Gazelle sangat dimaklumi karena memang rata-rata artefak sepeda Gazelle seri 1, 2 dan 3 dengan spatbord model polos selalu ditemukan tanpa setopan sama sekali. Dugaan sementara orang selama ini lebih merujuk ke setopan merek Arko dan Elga yang juga diproduksi oleh Pabrikan Gazelle. Dugaan ini memang tidak salah karena dari referensi katalog Gazelle Onderdelen tahun 1938, terbukti bahwa setopan Arko memang menjadi aksesori resmi Gazelle sebagaimana terlihat pada Gambar 1.

Gambar 2

Berdasarkan referensi yang sama, setopan kedua yang menjadi aksesori resmi sepeda Gazelle adalah merek Philips seperti terpampang pada Gambar 2 dan Gambar 3. Setopan Philips ini memang unik karena dirancang sedemikian rupa sehingga fitting bohlam tidak mudaj dilepas tangan jahil sebagaimana pada desain klasik pada setopan Arko. Untuk memasang bohlam, proses pembukaan dilakukan melalui sistem mur yang ada di bagian bawah sebagai pengunci selongsong bodi bagian dalam. Setelah terlepas maka setopan ini akan menjadi 3 bagian terintegrasi sesesuai artefak di Gambar 4.

Gambar 3

Baik setopan Arko maupun Philips, keduanya dirancang mampu menyala dengan bohlam standar yang bermerek Haco atau Philips. Desain setopan bernyala barangkali dipengaruhi regulasi keselamatan jalan yang berlaku di negeri Belanda. Karena pada katalog sebelumnya, setopan tidak menyala namun hanya berfungsi reflektor saja, sehingga saat tidak ada lampu sorot, bagian belakang sepeda tidak akan terdeteksi sama sekali.

Gambar 4

Untuk periode produksi tahun-tahun lebih awal, pada referensi Katalog Gazelle Onderdelen tahun 1931 dan tahun1933, setopan bermerk tertentu ternyata belum ada. Pada 2 katalog tersebut diterangkan bahwa tipe setopan orisinil Gazelle adalah sebagaimana terpampang pada Gambar 3 .Yakni setopan yang tidak memiliki identitas merek tersebut, menggunakan material kaca warna merah dengan bodi alumunium bercat hitam. Setopan ini tidak menyala, jadi sepenuhnya hanyalah berfungsi sebagai reflektor saja.

Gambar 5

Kemudian pada era selanjutnya di tahun 1940-1950, ada 2 tipe setopan yang banyak diadopsi sepeda Gazelle dengan spatbord tipe polos yakni setopan bermerk Koets dengan reflektor kaca (Gambar 6) dan setopan bermerek Gazelle dengan reflektor mika (Gambar 7). Setopan Koets memang sangat populer, karena diadopsi secara luas oleh hampir semua merek sepeda Belanda pada masa-masa tersebut. Setopan ini seringkali ditemui pada sepeda Fongers dan Simplex.

Gambar 6

 

Gambar 7

Copy Right (c) 2012 Sahid Nugroho